Departemen P&W

Sinode Gereja Betesda Indonesia

KETUA DEPARTEMEN P&W :
Pdt. Rio Dh. I. Pattiselanno, S.Kom, S.A.P

 

Kata Sambutan Ketua Departemen Musik dan Pujian :

 

Shalom Saudara/i semua

Senang sekali bisa berjumpa dengan Saudar/i semua dalam kesempatan yang luar biasa melalui website Sinode Gereja Betesda Indonesia ini karena karena kasih Tuhan terbukti tidak dapat dibatasi oleh ruang gerak dan waktu.

Sebagai ciptaan Tuhan yang mulia, kita harus menyadari bahwa di dalam hidup kita terkandung maksud dan tujuan Tuhan menciptakan kita semua yaitu bukan saja menjadi umat pilihanNya, umat tebusanNya, umat kesayanganNya, sahabatNya, biji mataNya, tetapi juga sebagai penyembah-penyembahNya yang menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran (Yoh 4:23-24).

Banyak orang tidak menyadari bahwa Bapa menciptakan kita manusia dengan tujuan utama yaitu supaya kita menyembah Dia karena Bapa tidak dapat menyembah diriNya sendiri.

Untuk itulah sejak semula Bapa menginginkan sebuah hubungan, keintiman antara Bapa sebagai pencipta dengan kita manusia sebagai ciptaanNya.

Oleh sebab itu kalau kita melihat sejak awal yang Bapa sudah mengajarkan kepada umat manusia bagaimana cara untuk berjumpa denganNya yaitu melalui Mezbah.

Kita dapat melihat mulai dari Adam-Hawa, diajarkan kepada Habel, Nuh, Henokh dan terus sampai kepada Abraham, Ishak, Yakub, Musa, Yosua, Daud, Salomo dan seterusnya yaitu selalu membangun Mezbah untuk berjumpa dengan Tuhan.

Dalam Kemah Suci pun ketika bangsa Israel ada di padang gurun Tuhan juga minta kepada Musa untuk membuat Mezbah Ukupan / Dupa dan itu berbicara tentang Pujian, Penyembahan dan Doa. Dan letaknya ada di Ruang Kudus.

Konsep pembagian ruangan dan perkakas di rumah Tuhan dibawa terus sampai pada jaman Yesus.

Tetapi pada jaman Yesus, ketika Yesus mati diatas Kayu Salib, terbelahlah tirai menjadi dua, sehingga tidak ada yang memisahkan antara Ruang Kudus dan Ruang Maha Kudus, dan yang luar biasa adalah ada satu perkakas yang berpindah tempat dari Ruang Kudus ke Ruang Maha Kudus yaitu Mezbah Dupa, artinya Pujian, Penyembahan dan Doa menjadi dekat dengan Tabut Perjanjian, dekat dengan Tuhan, satu ruangan di Ruang Maha Kudus. Haleluya………..

Maz 100:4, Masuklah melalui pintu gerbangNya dengan nyanyian syukur, kedalam pelataranNya dengan puji-pujian, bersyukurlah kepadaNya dan pujilah namaNya.

Daud adalah tokoh dalam Alkitab di Perjanjian Lama yang mewakili penyembah yang dicari Tuhan untuk menyembah Dia karena Daud tahu bagaimana menyenangkan hati Tuhannya, dan gerakannya dikenal dengan Pondok Daud.

Namun seiring waktu gerakan Pondok Daud ini memudar, oleh sebab itu ketika di jaman Perjanjian Baru setelah Yesus naik ke Sorga diserukanlah gerakan yang dinamakan Pemulihan Pondok Daud seperti yang tertulis dalam Kisah Para Rasul 15:16.

Dan inilah yang terus menjadi doa dan pergumulan kita semua Gereja Tuhan hari-hari ini agar bersama-sama masuk dalam gerakan Pemulihan Pondok Daud sehingga umat Tuhan diajarkan dan tahu bagaimana memuji,  menyembah dan berdoa kepada Tuhan dengan cara yang berkenan dihadapanNya.

Doa saya dan kami semua pengurus Sinode Gereja Betesda Indonesia agar melalui visi dan misi serta program kerja Departemen Musik dan Pujian ini dapat menjadi sarana kita bersama untuk dapat menghampiri dan menyenangkan hati Tuhan melalui hidup yang berkenan kepadaNya dan kita semua memiliki gaya hidup yang memuji, menyembah dan berdoa.

Nama Tuhan Yesus saja yang dimuliakan dan diagungkan selama-lamanya. Aminnn….

Dalam AnugerahNya.

 

Visi dan Misi Departemen Musik & Pujian Sinode Gereja Betesda Indonesia :

 

Visi :

Pujian, Penyembahan dan Doa adalah gaya hidup setiap umat tebusan Tuhan.

 

Misi :

  • Menjadikan pelayanan-pelayanan mimbar musik dan Pujian sebagai rolemodel/ inspirator bagi jemaat sehingga umat tuhan tahu bagaimana harus memuji dan menyembah Tuhan dengan cara yang benar dan berkenan.
  • Membekali pelayanan-pelayanan mimbar Musik dan Pujiandengan kualitas rohani dan keahlian yang tinggi sehingga dapat menjaditeladan bagi umat Tuhan.
  • Melakukan standarisasi untuk p[elayan-pelayan mimbar musik dan Pujian dalam hal rohani dan teknis sehingga harmonisasi dapat terwujud dalam setiap ibadah

 

Program Kerja :

  • Bulan Maret / April 2023 akan mengadakan kegiatan lanjutan Seminar Oktober 2022 yaitu mengadakan Workshop Musik & Pujian yang akan diadakan 2x hari Sabtu (tanggal dan jam menyusul).Materi 2x pertemuan Workshop :

    Pertemuan 1:

    • True Worship
    • Flowing Concept

    Pertemuan 2:

    • Song List
    • Practical Matters
  • Bulan Oktober / November 2023 akan mengadakan kunjungan ke MPD untuk tatap muka dengan team Musik & Pujian dari Gereja2 lokal Betesda.Yang akan dimulai dari MPD Kaltara (Tarakan).

     

    Jika setelah di evaluasi hasilnya bagus dan siap maka pada tahun 2024 rencananya akan mengadakan :

    – Konser Musik Pujian

    – Seminar & Worskhop untuk memberkati kota2 yang ada di masing2 MPD dengan MPD menjadi tuan rumahnya.