BERJAGA-JAGA

BERJAGA-JAGA

1 Korintus 16:13-14

“Berjaga-jagalah ! Berdirilah dengan teguh dalam iman ! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat ! Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih !”

Pada waktu itu jemaat di kota Korintus sedang menghadapi pergumulan iman yang tak mudah: ada perselisihan, perpecahan, praktek penyembahan berhala, dan masih banyak lagi. Suatu kondisi yang bisa dibilang gawat darurat !  Rasul Paulus pun tanggap, karena itu ia menasihati dan menguatkan mereka agar tetap kuat walau tengah berada di di situasi yang gawat. Mereka tak perlu gentar sekalipun berada di tengah masa yang sukar.

Nasihat rasul Paulus ini juga berlaku untuk semua orang percaya. Bukankah saat-saat ini kita juga sedang diperhadapkan dengan kesukaran ?  Di tengah situasi yang sukar ini kita diperintahkan untuk selalu berjaga-jaga !  Nasihat untuk berjaga-jaga ini juga sering Tuhan sampaikan kepada murid-murid-Nya, salah satunya adalah saat Ia berdoa di taman Getsemani, “Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.”  (Matius 26:41).

MakalahFA31aug2021

Download