PANDANG YESUS

PANDANG YESUS

BILANGAN 21:9 “Lalu Musa membuat Ular tembaga dan menaruhnya pada sebuah tiang; maka jika seseorang dipagut ular, dan ia memandang kepada ular tembaga itu, tetaplah ia hidup.”

     

           

Ketika bangsa Israel dari gunung Hor berjalan kea rah Laut Tiberau untuk mengelilingi tanah Edom, bangsa itu tidak dapat menahan hati, dan akhirnya mengumpat dan protes kepada Tuhan dan Musa. Dengan mengungkit-ungkit kenapa dia keluar dari Mesir dan akan dibiarkan mati dan kekeringan, makanan roti Manna yang diberikan Tuhan sudah bosan dia memakannya. Bangsa Israel tidak tahu bersyukur atas pemeliharaan Tuhan.  Umpatan inilah yang membuat Tuhan murka, dan akhirnya Tuhan mengirimkan ular Tedung untuk memagut bangsa Israel, sehingga banyak yang mati karena gigitan ular Tedung itu.

Ada penyesalan, ada. Bangsa Israel berseru kepada Musa dengan pengakuan dosanya dan minta supaya dia dibebaskan dari malapetaka ini. Akhirnya Musa berdoa kepada Tuhan, dan Tuhan memerintahkan Musa membuat patung ular Tembaga dan ditaruh di atas tiang. Dan bila siapapun yang dipagut ular dan melihatnya patung itu akan selamat dan hidup. Namun peristiwa ini menjadi kebiasaan bagi umat Isarael sebagai tempat bukit pengorbanan yang maknanya telah disalah artikan (Yoh 3:14)

Bahan Fa edisi 056, 21 February 2023

Download