KUAT DALAM UJIAN

KUAT DALAM UJIAN

Mazmur 77:10-15

PENDAHULUAN

Latar belakang Mazmur 77 adalah pembuangan di Babel. Pasal ini ditulis oleh Asaf seorang pemimpin pujian di Bait Allah dan pada saat ia menulis Mazmur ini keadaannya tidaklah baik, Bangsa Israel sedang berada di pembuangan dengan kesedihan yang amat sangat besar,  karena mereka kehilangan orang-orang yang mereka kasihi, mereka mengalami tekanan yang hebat. berasal dari Asaf dan secara tradisional disebut Mazmur Gembala karena keduanya menggambarkan Tuhan sebagai Gembala dan umat-Nya sebagai domba.

Kesedihan itu membuat mereka tidak dapat mengingat apa yang Tuhan sudah kerjakan kepada mereka . bahkan membuat mereka tidak dapat lagi mengingat kebaikan Tuhan dalam kehidupan mereka.

Pemazmur merasakan kesedihannya karena Tuhan mencabut tangan kanan-Nya yang penuh kuasa dari hidupnya. Dengan kata lain, Tuhan tidak menjawab doanya dan tidak memberikan bantuan seperti yang Dia lakukan di masa lalu. Ingatan ini membuat Asaf berkonsentrasi pada perbuatan besar Tuhan bagi umat-Nya di masa lalu. Dan kuat menghadapi berbagai pergumulan.

KUAT DALAM UJIAN

Download