B E R D O A

B E R D O A

Ada beberapa denominasi yang beranggapan, berdoa yang benar adalah dengan mengucapkan Doa Bapa Kami. Namun apakah seperti itu yang dimaksudkan oleh Yesus ketika berbicara mengenai doa ? Doa Bapa Kami ini hanya tertulis di Injil Matius 6:9-13 dan Lukas 11:2-4. Versi dari kedua Doa Bapa Kami ini sangat berbeda, sehingga tidak boleh dikatakan bahwa doa ini adalah yang paling benar. Dan juga tidak boleh dikatakan harus berdoa seperti ini. . . . Doa ini dituliskan oleh Matius dalam rangkaian khotbah di bukit yang dilakukan oleh Tuhan Yesus.

Kita akan belajar lebih dalam mengenai Doa Bapa Kami ini dari versi Injil Matius, bila diperlukan, akan dibandingkan dengan versi dari Injil Lukas. Matius 6:9, “Οὕτως οὖν προσεύχεσθε ὑμεῖς· Πάτερ ἡμῶν ὁ ἐν τοῖς οὐρανοῖς· ἁγιασθήτω τὸ ὄνομά σου·” (Outos oun proseuchesthe umeis. Pater êmon o ên tois ouranois. agiasthêto to onoma sou). Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu. …

 

  1. Karena itu. Menjelaskan serangkaian ayat-ayat sebelumnya. Apa yang dijelaskan? Matius 6:1-4 dan Matius 6:5-8. Ada 3 hal dalam dua bagian itu yang akan kita selidiki.

 

DOA

Download